Sabtu, 22 November 2008

Sebenarnya Allah menginginkan saya menjadi apa?



Perjalanku sudah hampir separuh, usia yang telah kuhabiskan dengan begitu banyak peristiwa didalamnya, mengantarkan aku pada sebuah masa dimana aku mengenal satu pekerjaan baru dalam hidupku.

Hidup dalam bingkai dakwah adalah hidup yang senantiasa penuh dengan beban perjuangan. Ketika diterpa oleh begitu banyak godaan. Ketika harus berpeluh keringat, air mata dan semua keletihan perjuangan. Selangkah demi selangkah jalan ini aku tapaki. Memang baru memulai, tapi bebannya semakin berat. Semakin lama usia saya di dakwah ini, kok bebannya tidak berkurang, namun semakin bertambah. Lalu aku menyaksikan, ada saja penempuh perjalanan ini yang berkorban apa saja untuk tetap sampai pada jalan ini

Lalu, aku teringat sebuah kalimat dari Hasan Al Banna : "Di dunia ini ada banyak orang yang memiliki akal, tapi hanya sedikit yang mempelajari Al Qur`an. Dari sedikit yang mempelajari Al Qur`an, hanya sedikit yang mampu mengamalkannya. Dan dari sedikit yang mengamalkannya hanya sedikit yang mampu mendakwahkannya. Dari dari sedikit yang mampu mendakwahkannya, hanya sedikit yang bersabar dalam dakwahnya. Dan dari jumlah yang sudah sangat sedikit dalam bersabar di atas jalan dakwah, hanya sedikit yang benar-benar sampai ke tujuan akhirnya"

Kubisiki jiwa ini, ternyata dalam perjalanan yang sudah penuh dengan beban ini, dengan tuntutan pengorbanan yang begitu banyak, tidak satu orang pun yang nyaman dalam menempuhnya. Bahwa, mungkin pada suatu saat kita masih bersama-sama dengan teman-teman dalam perjuangan. Namun, esok harinya sudah ada orang yang berhenti atau menjauh dari barisan ini.

Lalu, kurenungi do`a yang sangat sering dibaca oleh Sang Guru : "ya Allah teguhkanlah aku di jalan dakwah-Mu ini"

Keterlibatan saya dalam proyek besar Allah ini, menyadarkan aku bahwa memang sayal-ah yang membutuhkan dakwah, bahwa saya-lah yang harus meminta kepada-Mu agar punggung ini dikuatkan dalam memikul beban dakwah ini.

Aku juga ingin seperti mereka. Orang-orang yang telah menyampaikan cahaya Islam sampai kepada kita semua hari ini. Meskipun jasad mereka telah hancur ditelan tanah, namun mereka terus menerima pahala dari seluruh amalan kebaikan yang telah mereka lakukan.

Saudaraku... mari... kita rapatkan barisan lagi...kita perkokoh lagi nilai - nilai yang mampu menguatkan hati-hati kita dijalan ini.

Tidak ada komentar: