Selasa, 15 April 2008

Pemilu Raya Unhas 2008

Di tengah Redupnya Pergerakan Mahasiswa


Hari ini ketika kita berbicara tentang lembaga kemahasiswaan BEM maka kebanyakan kita akan menemukan sikap acuh/ tidak peduli dari mahasiswa. Dimana-mana mahasiswa kebanyakan, sibuk dengan aktivitas akademiknya, aktivitas laboratorium, sibuk dengan tugas-tugas kuliah. Maka sesungguhnya mahasiswa jenis ini adalah jenis mahasiswa yang tidak secara total mengamalkan tri dharma perguruan tinggi. Melupakan salah satu tugasnya terutama pengabdian kepada masyarakat, untuk mengawal isu-isu kemasyarakatan.

Mengapa ?? Hal ini mungkin dilatarbelakangi oleh rasa trauma terhadap BEM Unhas. Sebab memang selama ini, mungkin saja tidak ada manfaat yang dapat mereka-mahasiswa- rasakan. Hal ini tentu saja menjadi permasalahan besar kita hari ini. Kondisi BEM Unhas yang sering ”jatuh bangun” mungkin juga menjadi salah satu alasan yang semakin memperparah ketidakpedulian masyarakat kampus terhadap lembaga mahasiswa.

Hari ini kalau kita mengamati, maka pergerakan mahasiswa dalam hal ini lembaga-lembaga kemahasiswaan di tingkatan fakultas sama sekali tidak mampu bergerak secara maksimal untuk mengawal isu-isu besar seperti BHP.

Padahal kalau kita melihat kondisi kita hari ini, ditengah semakin menggaungnya isu Komersialisasi Pendidikan (BHP) Unhas, sudah menjadi harga mati bagi mahasiswa bagi adanya sebuah wadah yang dapat menjadi wadah komunikasi antar lembaga mahasiswa di tingkatan fakultas dalam melaksanakan agenda-agenda kemahasiswaaannya sebagaimana yang tercantum dalam tri darma perguruan tinggi.

Tanpa adanya wadah tersebut, dalam hal ini BEM Unhas, maka segenap civitas Unhas akan mengalami kesulitan untuk mengawal isu tersebut. Karena untuk menghasilkan sebuah pergerakan yang besar dalam mengawal isu tersebut maka BEM Unhas menjadi sebuah keharusan dalam rangka mempersatukan ide, kekuatan dan segala yang dibutuhkan dalam rangka mewujudkan kampus yang memang benar-benar mampu menghadirkan rasa nyaman bagi masyarakat kampus untuk mengamalkan tri dharma perguruan tinggi

Oleh : Arif A M Dullah

Tidak ada komentar: