Rabu, 16 April 2008

Menilai Pentingnya Kesatuan di tengah besarnya Konspirasi Global

Wihdah, Haruskan Ada ???

Oleh : Arif Atul Mahmudah Dullah

EfKaeM `05

Ketika kondisi berbagai aspek kehidupan dihadapkan pada begitu banyak masalah, mulai dari permasalahan ekonomi, politik sampai kepada permasalahan dekadensi moral masyarakat dan pemimpin, sudah saatnya kita semua berupaya mencari solusi terbaik dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan tersebut.

Pemimpin, merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi baik tidaknya, berjalan atau mandeknya suatu organisasi tak terkecuali Negara.

Islam telah membangun dan meletakkan dasar sebuah peradaban besar hanya dalam waktu yang begitu singkat yaitu hanya sekitar 23 tahun. Hal ini tentu saja tidak bisa terlepas dari kekuatan besar dan kemampuan memanajemen potensi-potensi besar dalam masyarakat. Dialah Rasulullah Muhammad SAW. Kemudian negarawan-negarawan besar yang merupakan arsitek-arsitek peradaban besar seperti Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali sampai pada Umar bin Abdul Aziz.

Permasalahaannya adalah saat ini memang tidak ada sosok manusia dengan misi besar untuk memperbaiki kondisi saat ini. Nah, sosok pemimpin seperti apakah yang memang memiliki kemampuan tersebut ??

Solidarity maker adalah salah kemampuan yang mutlak dimiliki oleh seorang pemimpin. Lihatlah misalnya kondisi kita hari ini, banyak orang yang memiliki keahlian dibidangnya namun tetap saja tidak dapat menyelesaikan masalah yang ada, hal ini karena tidak adanya penyatuan potensi yang ada. Permasalahan kita hari ini bukan karena tidak adanya orang-orang pandai, tetapi orang-orang pandai itu justru hanya berserakan bagaikan daun-daun atau hanya menjadi sebatan lidi tanpa mampu berbuat banyak.

Lihatlah dan dalamilah firman Allah SWT yang mengatakan bahwa ”Hai orang-orang yang beriman berpegangtegulah kamu kepada tali agama Allah dan janganlah kamu bercerai berai”

Perhatikan pula apa yang dilakukan pertama kali oleh Rasulullah SAW pada saat hijrah adalah mempersatukan dua golongan manusia (muhajirin dan ansar) yang dahulu berpecah. Merajut cinta diantara mereka, menyatukan potensi dan kekuatan di antara mereka kemudian tejadilah sebuah ledakan pada momentum sejarah lahirnya peradaban besar.

Perkara Wihdah (persatuan) merupakan hal yang mutlak di butuhkan, meskipun itu hanya dalam sebuah organisasi kecil misalnya. Mengapa?? Sebab, orang-orang diluar sana yang sangat ingin menghancurkan kita, memiliki rencana yang teroganisir dengan sangat baik. Simaklah dengan baik ungkapan bahwa ” Kekeruhan jama`ah, kata Imam Ali bin Abi Thalib r.a jauh lebih baik dari pada kejernihan individu”

Tidak ada komentar: