Sabtu, 29 November 2008

Jalan Dakwah, Bukan Bus Kota

Kalau mau di tanya tentang bagaimana hubungan antara beban dakwah dengan usia kita dalam dakwah mungkin kalimat "Jalan Dakwah, Bukan Bus Kota" cukup bisa mewakilinya.

Detik, menit, jam, hari, bulan bahkan tahun terus berlalu, tak kita sadari mungkin usia kita dalam dakwah ini sudah dalam hitungan tahun atau mungkin lebih. Seiring pergantian waktu, semakin lama usia kita di dalam dakwah ini, maka kita akan menyadari satu hakekat bahwa beban-beban yang akan kita pikul dalam dakwah ini semakin lama tidak berkurang tapi malah semakin berat dan bebannya terus bertambah.

ketika berada dijalan dakwah ini, kita tidak sedang seperti mengendarai Bus, dimana penumpang yang akan kita temui sepanjang perjalanan ada yang naik dan ada yang turun. Jadi bebannya kadang banyak dan kadang sedikit.

Tapi, dalam dakwah, beban yang kita akan pikul sepanjang perjalanan menuju terminal tujuan dakwah ini beban-bebannya terus bertambah dan tidak berkurang sama sekali. Beban - beban amanah yang kita emban yang begitu banyak, di tambah dengan kebingungan-kebingungan yang akan kita alami selama perjalanan, sebenarnya akan menjadi tumpukan beban pada setiap penempuh jalan ini

Tidak ada komentar: